Kamis, 14 Mei 2020

Membuat Soal Teka-teki silang

Hallo, sahabat bloger semuanya.

Pada kali ini saya akan memberikan cara mebbuat soal teka-teki silang. Pada umumnya kita membuat soal teka-teki silang secara manual menggunakan penggaris. Tapi kali ini ada aplikasi Eclipse Crossword yang membantu kita membuat soal dengan mudah. aplikasi ini perlu instal dan bisa digunakan secara offline. 

Sebelum mmebuat soal TTS silahkan download aplikasi DISINI dan siapkan dulu soal dan jwaban singkat yang akan dibuat soal. Adapun langkah-langkah membuat soal dengan aplikasi Ini yaitu:
1. Buka aplikasinya, pilih yang buat baru, klik next




2.  Isikan Soal dan jawaban pada kotak yang tersedia lalu ketik add word to list. lakukan sampai semua soal dan jawaban tertulis semua  lalu klik next




3. Menyimpan TTS
4.  Isikan data Nama TTS, dan pembuat lalu klik NEXT


5. Menentukan berapa kotak mendatar dan menurun., klik next


6. Langkah berikutnya sdh muncul preview TTS kita.Jika tidak menghendaki seperti tampilan diatas bisa diganti ya, KLIK MAKE ANOTHER PUZZLE LIKE THIS ONE.



7. Menyimpan Hasil TTS. Pada tab save crossword, kita bisa simpan TTS kita dan bisa simpan juga daftar kata / word list yang sudah kita buat td. Sehingga jika kita memerlukan lagi tinggal openMuncul tamilan seperti berikut:



8.Mencetak TTS. Klik tab print crossword untuk langsung cetak TTS.Ini tampilan tab print crossword.

Jika puzzle grid dicentang maka nanti tercetak TTS yg ada kuncinya. Kalau empty puzzle maka TTS kosongan, dan clues harus dicentang karena ini yang menampilkan soalnya. Lalu klik Print everything. jika mau cetak lebih dari 1 lembar bisa isi angka di kolom copy.



9. Jika ingin bermain TTS secar interaktif. kik tab save as a web page. klik INTERACTIVE WEB PAGES maka TTS ini bisa dikerjakan lagsung secara online dan offline oleh siswa pada lembar TTS tsb.



Itulah langkah membuat soal TTS dengan aplikasi Eclipse Crossword. Semoga bermanfaat. berikut contoh soal TTS yang dibuat klik DISINI
file:///D:/APLIKASI/Crossword/EclipseCrossword/TTS%20Pernapasan%20interaktif.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar di sini

Profil Diri

MENGELOLA WAKTU

 MENGELOLA WAKTU Oleh Desi Diana,M.Pd  Begitu cepat waktu berlalu, detik berganti menit, menit berganti jam, jam berganti hari, hari ...